TABEL MUTU BETON TABEL MUTU BETON

Pengertian Beton dan sifat bahan unsur beton perlu dipahami untuk menjadi parameter bagi perencanaan struktur dan elemen beton.

Agregat adalah material granular (berbutir) seperti pasir, kerikil, batu pecah yang dipakai bersama-sama dengan suatu media pengikat semen hidrolik membentuk beton.

Pengelompokan jenis agregat yang umum adalah :

Agregat halus seperti pasir sebagai hasil desintegrasi batuan atau berupa batu pecah yang diperoleh dari industri pemecah batu dengan ukuran butir terbesar 5 mm
Agregat kasar adalah kerikil sebagai hasil desintegrasi batuan atau berupa batu pecah yang diperoleh dari industri pemecah batu dan mempunyai ukuran butir antara 5 – 40 mm.

PENGERTIAN BETON

Pengertian Beton adalah campuran yang diformulasikan berdasarkan berat unsur-unsur penyusun seperti agregat halus, agregat kasar, air, semen dan dengan atau tanpa bahan tambahan yang setelah mengeras membentuk masa padat.

Pengertian Beton bertulang adalah beton yang ditulangi dengan luas dan jumlah tulangan tertentu untuk mendapatkan tanggap suatu penampang yang berdsarkan asumsi bahwa kedua material bekerja bersama-sama dalan menahan gaya yang bekerja.

Kuat tekan beton yang disyaratkan (f’c) adalah kuat tekan yang ditetapkan oleh perencanaan struktur dari benda uji berbentuk diameter 15 mm dengan tinggi 300 mm, yang dinyatakan dalam mega pascal (MPa).

Untuk definisi parameter kekuatan beton bertulang, kawat tarik leleh (fy) merupakan tarik leleh minimum yang disyaratkan atau titik leleh dari tulangan.
Satuan dari kuat tarik leleh ini dalam MegaPascal (MPa).

Kuat nominal didefinisikan sebagai kekuatan suatu komponen struktur atau penampang yang dihitung berdasrkan ketentuan dan asumsi metoda perencanaan sebelum dikalikan dengan suatu faktor reduksi yang sesuai.

Sedangkan kuat perlu adalah kekuatan komponen struktur atau penampang yang diperlukan menahan beban terfaktor atau momen dan gaya dalam akibat suatu kombinasi muatan/beban.

Kuat rencana didefinsikan sebagai kuat nominal yang dikalikan dengan suatu faktor reduksi kekuatan.

Dalam perencanaan di perlukan parameter modulus elastisitas yang dinyatakan dari rasio antara tegangan normal tarik dan tekan dengan regangan dari unsur elemen dibawah batas proporsional dari material.

Pengertian Beton K 175

Beton mutu K 175 adalah beton yang mengindikasikan untuk kelas D atau untuk konstruksi bangunan proyek ringan, Ready mix dengan mutu K 175 ini kami tawarkan disini untuk memenuhi kebutuhan pengecoran anda dengan proyek sekala besar/kecil Untuk melihat harga Beton Mutu K 175 dibawah ini ada beberapa pilihan harga dengan beberapa tipe antara lain,

ready mix standar (menggunakan armada molen biasa) dengan jenis fly ash dan non fly ash begitu juga dengan truk molen kecil atau minimix.

DEFINISI BETON MUTU K 225

Beton Mutu K 225 artinya adalah jenis beton dengan ciri pada kuat tekan beton dengan berat 225 kg/cm2, berat tekan tersebut dapat diketahui dengan benda uji kubus degan isi 15cm.

Beton cor mutu K 225 ini memiliki nilai Fc’ 19,3 Mpa dan w/c aspek rasio 0,58,

Untuk lebih detail mengenai pengertian mutu ini silakan kunjungi laman tetang mutu beton

BETON MUTU K 225

Readymix dengan jenis beton mutu K 225 ini bagian dari beton untuk kepentingan pembangunan struktural atau yang mengandung unsur pembesian.

Beton jenis ini dapat diaplikasikan pada media konstruksi yang memiliki perencanaan pembangunan dua lantai (untuk lantai ke 2)

Selanjutnya dibawah ini kami susun mix design atau campuran beton k 225, penyusunan ini berdasarkan SNI. Selanjutnya kami uraikan mengenai mix design untuk jenis beton dengan mutu K 225 dengan dan tanpa campuran fly ash

Mutu Ready mix K 350

Mutu Ready Mix K 350 adalah salah satu mutu kekuatan beton yang mengandung arti bahwa Beton K 350 memiliki kekuatan 350 kg/cm2,

kategori beton ini dikalsifikasikan ke dalam beton prategang atau pratekan yang dapat diaplikasikan untuk pembangunan beton pada rumah berlantai dua atau bangunan gedung tinggi bahkan landasan pesawat, jembatan, balok dan lain sebagainya.

beton K 350 sebagai beton prategang yang memiliki keunikan baik dari sistem maupun bahan pembuatannya yang menjadikannya sebagai beton dengan mutu tinggi.

Beton K 325 adalah salah satu contoh beton prategang. Beton ini digunakan oleh berbagai proyek konstruksi dunia karena mutunya yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis beton lainnya. Karena hal inilah, maka tak heran jika harga beton ini juga lebih mahal bahkan harus dipesan secara khusus.

Untuk bahan pembuatannya sendiri beton ini hampir sama dengan jenis beton lain. Ada semen, air, adan agregat yang digunakan. Semua komponen dengan perbandingan khusus akan dicampurkan dengan baik guna menghasilkan produk beton bermutu tinggi.

Categories: Post Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *