Jual Beton Instan Berkualitas Tinggi? Ya Disini!

Sebuah bangunan meskipun sangat sederhana misalnya rumah, ada banyak material yang dibutuhkan agar bangunan tersebut sempurna. Selain pasir dan semen, beton menjadi salah satu komposisi paling penting. Seiring perkembangan zaman, kini sudah banyak toko material bangunan yang jual beton instan.

Meski sudah ada sejak beberapa tahun silam, tapi material ini mungkin saja masih asing bagi sebagian orang. Apakah Anda termasuk salah satunya? Maka berikut kami sajikan informasi detail mengenai apa itu beton instan dan sebenarnya apa saja kelebihannya jika dibanding dengan beton tradisional.

Beton Tradisional VS Beton Instan di Tempat Jual Beton Instan

Beton sendiri, yang selama ini sudah umum ada di pasaran dan sering Anda gunakan, adalah salah satu material bangunan komposit yang dibuat dari campuran bahan berupa pengikat semen dan agregat. Setelah proses pencampuran kedua bahan ini selesai, beton biasanya akan mengering dengan sendirinya.

Banyak yang mengira bahwa bahan beton tadi dapat mengering karena air yang sudah menguap terkena suhu di sekitar, tapi sebenarnya semen lah yang berhidrasi dan merekatkan komponen lain sehingga akhirnya bisa mengering dan membentuk tekstur yang padat dan keras seperti batu.

Fungsi utama beton adalah untuk membantu menahan berbagai material bangunan lain sehingga bangunan nantinya bisa kokoh dan bertahan lama.

Nah, seiring perkembangan teknologi termasuk di bidang konstruksi bangunan, rupanya kini sudah ada beton super cepat yang membantu tugas para kontraktor bangunan untuk dapat menyelesaikan proyek pembangunan dengan lebih mudah dalam waktu yang lebih singkat.

Beton inilah yang disebut dengan beton instan, yang bahan-bahannya terdiri dari aggregat kasar dan halus, semen, dan bahan adiktif yang keempatnya sudah berupa kemasan dalam karung dengan takaran yang tepat, alias tidak perlu dihitung lagi takaran per komposisinya.

Nah, karena pabrik pembuat beton instan ini sudah menyediakannya dengan hitungan yang tepat dan cermat, maka pengguna hanya perlu menambahkan air jika ingin menggunakan beton instan.

Kesedehanaan inilah yang membuat banyak toko bangunan beralih jual beton instan, karena jumlah permintaan pasar pun juga meningkat tajam.

Kelebihan Beton Instan Dibanding Beton Tradisional

Selain lebih mudah dan cepat dalam hal pengolahan sebelum akhirnya digunakan seperti yang sudah dijelaskan di atas, yang pada akhirnya dapat mempercepat proses pembangunan, sejumlah alasan lain mengapa beton instan lebih tinggi peminat adalah karena beberapa kelebihan yang dimilikinya berikut ini:

1.     Lebih Ekonomis

Kelebihan pertama adalah dari segi harga. Jika dilihat per karung, harganya mungkin akan dianggap mahal oleh sebagian orang. Tapi mari lihat secara lebih detail.

Jika melihat dari kemudahan dan kecepatan dalam pengolahan sebelum digunakan tadi, harga yang ditawarkan beton instan sebenarnya sudah sangat terjangkau.

Selain itu, beton tradisional akan membuat Anda mencari dan membeli beberapa bahan yang mungkin didapat dari beberapa tempat, yang tentu saja menyita waktu dan merepotkan plus ada ongkos / bensin kendaraan juga yang perlu diperhitungkan.

Berbeda jika Anda membeli beton instan yang semua bahannya sudah ada dalam satu wadah dan tinggal angkut saja. Anda pun akan lebih hemat bensin dan tidak perlu repot mengumpulkan bahan dari beberapa tempat seperti saat akan membuat beton konvensional.

2.     Komposisi Beton Instan Dijamin Akurat

Produsen pembuat beton instan sudah mengukur masing-masing komposisi dalam wadah karung tadi agar semuanya bisa pas setelah dicampur dengan air oleh pengguna. Setiap bahannya sudah diperhitungan dengan sangat detail oleh ahlinya, jadi bukan oleh sembarang orang.

Nah, karena proses pencampuran dari bahan-bahan beton instan di pabrik beton ini sudah diperhitungkan sedemikian rupa sebelum dikemas, maka secara garis besar hasil dari beton untuk bangunan Anda nanti akan jauh lebih bagus / berkualitas.

Jadi, Anda akan lebih minim mengalami resiko kegagalan kualitas. Berbeda cerita dengan beton cor manual yang masing-masing komposisinya bisa saja ada yang salah atau tidak pas, sehingga hasil akhirnya tidak bisa dijamin berkualitas.

Pencampuran cor manual sendiri jika dikerjakan oleh tukang yang tidak berpengalaman dan ahli justru akan membuat Anda mengalami kerugian. Karena, ketika satu bahan ditambahkan lebih banyak dari bahan lainnya, maka tukang akan menambahkan lagi bahan lain tersebut sampai akhirnya campuran dirasa pas.

Jika disimpulkan, ada pemborosan bahan dalam kasus ini, yang tentu saja akan membuat Anda sang pemilik proyek mengalami pembengkakan biaya dari anggaran yang seharusnya. Sangat merugikan, bukan?

3.     Lebih Ramah Lingkungan

Alasan lain mengapa toko yang jual beton instan saat ini lebih laku keras adalah produk ini lebih ramah lingkungan dibanding dengan cor manual yang biasanya lebih mengandung banyak debu atau kotoran.

Karena beton instan lebih minim debu, maka tidak akan mengganggu kesehatan dan jauh lebih ramah lingkungan untuk para pekerja proyek seperti tukang dan kuli bangunan.

Selain itu, debu dan polusi yang tertinggal di area bangunan juga akan lebih sedikit sehingga proses pembersihan saat finishing tidak akan begitu memakan waktu dan tenaga.

4.     Lebih Tahan Lama

Karena komposisi beton instan yang sudah akurat tadi, maka hasil dari beton ini juga akan lebih berkualitas dan pada akhirnya juga akan lebih tahan lama untuk bangunan Anda hingga puluhan tahun.

Berbeda dengan cor manual yang takarannya tidak tepat dan akan berpengaruh pada keawetannya pada bangunan. Mungkin saja saat awal hasilnya terlihat bagus dan memuaskan tapi bisa saja karena sedikit gempa akan membuat bangunan sudah retak atau bahkan roboh.

Inilah alasan mengapa beton pada setiap bangunan jenis apapun tidak boleh dibuat secara asal. Karena bukan hanya keawetan, tapi beton juga menjadi salah satu yang akan sangat berpengaruh terhadap keselamatan dari orang-orang yang akan menempati bangunan tersebut misal saat ada bencana alam tadi.

5.     Multifungsi

Poin ini sangat penting karena benar-benar menguntungkan sang pemilik proyek. Jadi produk beton instan ini selain bisa digunakan untuk membangu menyangga bangunan seperti yang sudah dijelaskan tadi, rupanya juga dapat difungsikan sebagai produk untuk repair, atau untuk penebalan balok dan juga kolom.

Karena sifatnya yang multifungsi ini, tidak heran lebih banyak orang menyukai dan berbondong-bondong menggunakan beton instan daripada cor manual.

6.     Sudah Tersedia di Banyak Toko Bangunan

Anda dijamin tidak akan kesulitan untuk menemukan beton instan karena produk ini sudah tersebar di berbagai toko bahan bangunan di seluruh pelosok negeri. Merk dari produk ini cukup beragam dan dengan harga bervariasi yang bisa Anda sesuaikan dengan isi kantong atau anggaran.

Jika Anda ingin mendapat beton instan yang benar-benar berkualitas namun dengan harga bersahabat, maka toko kami jual beton instan yang bisa Anda pesan secara online atau pun dengan langsung datang ke alamat toko kami. Kami memiliki banyak stok dari berbagai merk dan juga harga.

Categories: Post Artikel