Pengertian Ready Mix

By  

Pengertian Ready Mix
Pengertian Ready Mix

Pengertian Ready Mix


Sering kita mendengar istilah beton cor atau dalam bahasa inggris di sebut Ready Mix pada bidang konstruksi. Tidak sedikit yang belum faham tentang istilah tersebut. Memang, tidak semua orang ingin menetahui mengenai pengertian ready mix. Namun hal ini perlu diketahui oleh anda yang akan melakukan pekerjaan pembangunan rumah atau proyek pembangunan lain.

Apa Itu Readymix?

Ready Mix adalah kumpulan bahan material atau bahan bangunan yang terdiri dari split atau agregat kasar, pasir atau agregat halus kemudian semen dan air yang diolah di batching plant (pabrik readymix) dimana komponen tersebut diatur secara tepat komposisinya.

Adapun penggunaan dan penggabungan empat bahan di atas memiliki skala perbandingan yang juga sudah disesuaikan sehingga mutu dan kualitas beton juga sudah dapat diketahui. Kemudian, ketika semua bahan sudah dicampur secara menyeluruh, maka proses kimia akan terjadi sehingga pada akhirnya akan membentuk bahan yang bernama Ready Mix atau beton siap pakai.

Bahan-bahan yang digabungkan dengan metode itu akan menghasilkan kuaitas yang baik sehingga mempunyai kekuatan dan tahan lama sesuai dengan durasi yang sudah ditentukan. Jadi, takaran masing-masing bahan yang akan dicampur disesuaikan dengan rencana atau durasi waktu yang sudah diinginkan. Oleh sebab itu, proses pembuatannya harus dilakukan secara baik dan ditangani oleh orang yang sudah professional dalam bidang ini.

Beton Readymix adalah beton segar yang belum mengalami proses pengikatan dan perkerasan yang di produksi di batching plant dengan penambahan bahan kimia (admixture), tergantung pada jenis beton yang dipesan, kemudian dikirim kelapangan dengan menggunakan truk mixer, beton ready mix diproduksi di pabrik dibawah pengawasan mengunakan sistem operasi komputer. Beton ready mix atau beton cor juga dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan istilah Jayamix. Industri ready mix concrete pertama kali di Indonesia yang dibangun pada tahun 1930-an.

Anda juga perlu tahu tentang jenis-jenis beton readymix yang biasanya digunakan dalam pembangunan gedung, rumah, kantor, gudang dan lain-lain. Adapaun jenis atau macam-macam readymix itu bisa dikategorikan sebagai beton normal, berat, ringan, kedap air, serat, massa dan mutu tinggi.

Adapun mutu readymix yang di gunakan untuk pembangunan berbeda-beda, berikut kami sampaikan fungsi dan kegunaan dari beberapa mutu beton ready mix di antaranya :
  • Klass B-0 Digunakan untuk dasar atau sebagai pengeras struktur tanah yang nantinya akan dilakukan pengecoran finish, Mutu ini teksturnya kasar dan rendah kadar semen sehingga sulit untuk halus
  • K 125, K 175 dan K-200 Digunakan untuk pengecoran non struktural jalan kecil seperti jalan lingkungan dan jalan gang sempit yang memerlukan intensitas bobot ringan seperti Motor dan Manusia, Tekstur beton ini tergolong kasar akan tetapi masih bias dihaluskan untuk finishing .
  • K 225, K 250, K 275, dan K 300 Jenis Beton cor ini bisa digunakan baik untuk pengerjaan structural seperti dak rumah tingkat lantai 2, lantai 3, lantai 4 dan lantai 5, dak ruko, sekolah, untuk lantai gudang, dll atau non struktural jalan umum seperti jalan perumahan, jalan kabupaten, jalan pedesaan, jalan Per kotaan, dll.
  • K 350, K 375 dan K 400 Digunakan untuk pengerjaan non-struktural jalan besar seperti Jalan Negara, Jalan Propinsi, Bandara, Jalan Tol juga bisa digunakan untuk proyek yang membutuhkan treatment khusus seperti kolam renang, water tank, dll
  • K-450 – K 500 Digunakan untuk pengerjaan nonstruktural yang memiliki intensitas tonase besar (heavy duty) seperti jalan kawasan industri, bandara udara, lapangan alat berat, dll.

Dari sinilah kemudian anda dapat memilih beton readymix yang tepat sesuai kebutuhan anda. Demikian artikel singkat ini, mudah-mudahan bisa memberikan tambahan wawasan untuk anda dan semoga bermanfaat.


Baca Juga HARGA READYMIX DAN JAYAMIX



UNTUK ANDA YANG MEMBUTUHKAN BETON READYMIX ATAU SEKEDAR INGIN MENGETAHUI INFORMASI HARGA READYMIX HUBUNGI KAMI !!

0812-8080-8420

CALL 0812-8080-8420

Indojaya Readymix

Indojaya Readymix

Melayani Kebutuhan Ready Mix untuk ‌Wilayah Merak, Cilegon, Serang Banten, Tangerang, Jakarta, Bogor, Cibubur, Depok, Bantargebang, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Purwakarta, Bandung, Sukabumi, Subang, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal, Solo, Surabaya

Ikuti Blog Ini via Email :