Jenis dan Fungsi Concrete Mixer

By  

Truk Molen (Truck Mixer)
 

Jenis dan Fungsi Concrete Mixer


Concrete Mixer atau Truck Mixer (Truk Molen) adalah truk pengaduk beton yang digunakan untuk mengaduk beton dan mengangkutnya ke lokasi pengecoran. Mesin ini dapat berupa mesin statis, semi mobile maupun full mobile (mixer truck).

Truk mixer atau biasa juga disebut dengan truk molen memiliki beragam jenis dengan fungsi sama, yaitu mengangkut beton dari pabrik readymix ke lokasi kontruksi dengan menjaga konsistensi beton agar tetap cair dan tidak mengeras dalam perjalanan. Truk jenis ini adalah alat transportasi khusus untuk beton cor curah siap pakai (Ready mix concrete) yang dirancang untuk mengangkut dari Batching Plant (Pabrik Olahan Beton) ke lokasi pengecoran. Biasanya truk ini digunakan dalam sebuah proyek besar.

Cara Kerja Truk Mixer yaitu di dalam Truk Molen diisi dengan bahan Material kering dan air dan proses pengadukan (pencampuran) bahan material tersebut terjadi selama perjalanan menuju lokasi pengecoran. Untuk mempertahankan stabilitas kekentalan Beton Readymix yang berada di dalam truk mixer ini melalui proses agitasi atau memutar drum (Tangki yang berada diatas truk mixer) yang bagian dalam drum tersebut dilengkapi dengan spiral pisau satu arah rotasi putaran, sebagai pengaduk material beton cor selama waktu transportasi ke lokasi pengecoran.

Pengertian, Jenis dan Fungsi Truk Molen (Truk Mixer)
Truk Molen (Truck Mixer)


Jika Concrete Mixer pengangkut beton cor atau Truk Molen tersebut tidak bisa menjangkau area pengecoran, beton cor dapat disalurkan melalui pipa pompa beton (concrete pump) yang dapat diperpanjang beberapa meter (biasanya sepuluh meter atau lebih). Dengan mesin pompa beton ini proses pemindahan beton cor ke area pengecoran menjadi lebih cepat dan tepat.

Truk Mixer Pengangkut Beton Cor atau Truk Molen umumnya tidak melakukan perjalanan lebih dari 2 jam. Banyak kontraktor mengharuskan Truk mixer berada di lokasi pengecoran dalam waktu 90 menit setelah pemuatan Material yang dimaksudkan untuk menghindari beton cor di dalam truk mengeras. Mayoritas Truk Mixer Pengangkut Beton Cor atau Truk Molen mempunyai kecepatan jalan terbatas, yaitu antara 56 mil per jam (90 km / h).

Jenis Truk Mixer
1. Truck Mixer Mini (Truck Minimix concrete)


Truck Mixer Mini
Truck Mixer Mini

Teruk Mixer mini memiliki volume muat cor beton per satu kali jalan 3 m³. Tipe truk ini lebih fleksibel untuk semua medan jalan, sempit ataupun menanjak.


2. Truck Mixer Standar (Readymix concrete)


Truk Mixer Standar
Truk Mixer Standar

Truck Mixer Standar digunakan untuk mengangkut beton cor dari Pabrik Beton (Batching Plant) ke lokasi pengecoran dengan daya angkut per truknya untuk satu kali jalan 7 m³. Memuat lebih banyak 4 m³ dari tipe Truk Mini. Kekurangan dari truk ini tidak bisa mengakses jalan sempit dan menanjak.

Pada intinya, Truk Molen (Truck Mixer) adalah merupakan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut adukan beton ready mix dari tempat pencampuran beton kelokasi proyek dimana selama dalam pengangkutan mixer terus berputar dengan kecepatan 8-12 putaran permenit agar beton tetap homogen serta tidak mengeras.

Fungsi concrete mixer truck yaitu untuk mengubah batuan dan mineral alam menjadi suatu bentuk dan ukuran yang diinginkan. Hasil dari alat ini misalnya adalah batuan bergradasi, semen, beton, dan aspal. Yang termasuk didalam alat ini adalah crusher dan concrete mixer truck. Alat yang dapat mencampur material-material di atas juga dikategorikan ke dalam alat pemroses material seperti concrete batch plant dan asphalt mixing plant.

dari berbagai sumber*

Baca juga Harga Readymix Satu Mobil Mixer

Indojaya Readymix

Indojaya Readymix

Melayani Kebutuhan Ready Mix untuk ‌Wilayah Merak, Cilegon, Serang Banten, Tangerang, Jakarta, Bogor, Cibubur, Depok, Bantargebang, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Purwakarta, Bandung, Sukabumi, Subang, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal, Solo, Surabaya

Ikuti Blog Ini via Email :