Beberapa Hal yang Perlu diperhatikan Saat Pengecoran

By  

Beberapa Hal yang Perlu diperhatikan Saat Pengecoran


Beberapa Hal yang Perlu diperhatikan Saat Pengecoran
Beberapa Hal yang Perlu diperhatikan Saat Pengecoran


Beberapa Hal yang Perlu diperhatikan Saat Pengecoran


Mitra Kami yang berbahagia, kali ini kami hadir untuk memberi informasi mengenai pengecoran. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat pengecoran di atas lantai decking, antara lain :

1. Selama pengecoran sebaiknya menggunakan papan sebagai jalan untuk para pekerja ketika meratakan adukan beton yang sudah dituang diatas lantai decking, hal ini diperlukan supaya lantai decking tidak terlalu banyak menerima beban manusia yang bekerja diatasnya dan menahan supaya tidak terjadi defleksi/lendutan pada lantai decking.

2. Ketika adukan beton tertuang diatas cetakan, adukan tersebut harus diratakan kesemua bagian pelat agar tidak terjadi penumpukan adukan beton disuatu tempat saja dan pemadatan beton bisa rata di semua bagian. bila terjadi penumpukan, akan menyebabkan beban beton tidak bisa merata diseluruh bagian pelat lantai , bisa menggunakan vibrator untuk meratakan adukan yang sudah dituang.

3. Untuk meratakan adukan sebaiknya dimulai dari ujung balok kemudian diratakan hingga tengah bentang pelat. Ada 2 arah yang bisa digunakan untuk meratakannya, bisa searah atau juga bisa tegak lurus dengan rusuk lantai decking.

4. Pada saat meratakan dan memadatkan beton selama pengecoran, posisi tulangan susut harus tetap berada kurang lebih 2 cm dari bagian bawah permukaan pelat lantai. untuk menjaga jarak ini bisa menggunakan tahu beton yg diletakkan antara tulangan dengan floor decking.

5. Mutu beton yang digunakan minimal 21 Mpa atau 210 kg/cm2, hal ini untuk mendukung kekuatan pemakaian floor decking.

6. Bila akan menggunakan zat additif untuk beton, sebaiknya gunakan zat aditif yang tidak mengandung zat – zat yang dapat merusak lapisan galvanis. Terdapat berbagai jenis floordek yang dapat digunakan dalam pembuatan pelat lantai, antara lain: Smartdek, Combideck, M-Decking, Bondek, Ribdeck, Steel Decking1000. Beberapa produk tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai pengganti bekisting dan tulangan bawah. Dalam hal ini hanya dimensi, mutu baja dan pabrikan penghasil material yang membedakan produk yang satu dengan produk yang lainnya.


Smartdek, Bondek, Floordek

Smartdek merupakan salah satu produk deking baja terbaru yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia bahan konstruksi. Sistem deking baja dengan struktur profil “W” ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain: lebih hemat biaya dan memberikan keleluasaan dalam merancang desain dengan ketepatan ukuran dan mudah dalam proses pemasangan serta aman.

Deking smartdek, digunakan sebagai pengganti bekisting dan tulangan bawah (tulangan lapangan) serta memiliki daya rentang yang baik, sehingga penggunaan penopang, beton dan tulangan lebih efisien. Sistem ini selain digunakan di struktur baja, dapat juga digunakan di struktur beton.

Pengecoran pelat lantai relatif lebih cepat, karena tidak perlu menunggu beton mengering lebih lama dan tidak ada pekerjaan bongkar bekisting/cetakan beton. Desain floordek (smartdek) sebagai bekisting untuk penentuan jumlah penopang sementara harus didukung oleh analisis perhitungan yang akurat serta memenuhi kaidah-kaidah teknik yang benar dalam perancangan standard batas desain struktur baja cetak dingin (Limit State Cold Formed Steel Structure Design).

Demikian Beberapa Hal yang Harus diperhatikan Saat Pengecoran. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.

Sumber: INFO TEKNIK, Volume 12 No. 2, Desember 2011. Oleh Candra Yuliana.

Indojaya Readymix

Indojaya Readymix

Melayani Kebutuhan Ready Mix untuk ‌Wilayah Merak, Cilegon, Serang Banten, Tangerang, Jakarta, Bogor, Cibubur, Depok, Bantargebang, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Purwakarta, Bandung, Sukabumi, Subang, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal, Solo, Surabaya

Ikuti Blog Ini via Email :